Sabtu, 01 Desember 2012

Camp. Vietnam (Batam)

Diposting oleh Unknown di 03.49

Salah satu pulau yang punya cerita paling miris.  Dari kota Batam Anda mesti melewati 4 pulau lainnya dan jembatan spektakuler Balerang. Ada apa saja di Kampung tua Vietnam itu?

Dulu, ada budaya perang saudara di Vietnam. Sebagian besar dari penduduknya tentu saja menolak adanya pertumpahan darah. Karena banyak orang-orang yang bakal menderita. Makanya, sebagian besar penduduknya berusaha untuk keluar dari permasalahan yang tidak diharapkan itu. Mereka kocar-kacir pergi dari kampungnya. Mencari perlindungan ke negara tetangga. Ratusan ribu orang menyebar pergi dengan menggunakan perahu kayu. Nah, Sebagian para ’Manusia Perahu’ itulah yang  terdampar di Pulau Galang, Batam pada tahun 1979.

Mereka mencoba bertahan dengan pola hidup ala Tarzan. Memanfaatkan alam yang ada untuk dijadikan bisa tinggal disini. Pada akhirnya, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tak tega melihatnya. Para pengungsi Vietnam itu coba dibantu dengan membangun fasilitas-fasilitas tempat tinggal dan makanan.

Kini, denyut kehidupannya masih terasa lewat peninggalan sejarahnya.Inilah, kawasan wisata sejarah dengan catatan riwayat paling tragis. Untuk sampai kesana, kita mesti melewati 4 pulau dan jembatan spektakuler Balerang, 50 km ke arah selatan dari Kota Batam.

Disana, Anda akan menyaksikan saksi bisu jejak-jejak para pengungsi Vietnam. Ada kuburan Masal. 503 makam para pengungsi Vietnam  dikubur disini. Mereka mati karena penyakit yang diderita selama berlayar di laut lepas dan depresi mental yang terus melemah. Peraku kayu yang digunakan untuk berlayarpun masih ada. Mengarungi lautan Cina Selatan ribuan kilometer mencari negara yang memberikan perlindungan, hingga akhirnya merapat ke pulau Galang – Batam.

Selain itu ada juga bangunan ibadah, rumah sakit, aula tempat penggemblengan kaum muda dan penjara. Untuk yang terakhir, diperuntukan buat orang yang melakukan tindakan kriminal. Karena di pulau ini dulu  banyak terjadi pembunuhan dan pemerkosaan. Mereka melakukan itu karena memang kondisinya sangat memungkinkan. Stress dan deprsi kerap menghantui setiap orang. Kisah tragis itu terabadikan dalam sebuah monumen yang ada di Camp Vietnam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

palevi world's Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos