1.
Menurut Skinner ( 1985 )
Memberikan
definisi belajar adalah “Learning is a process of progressive behavior
adaption”. Yaitu bahwa belajar itu merupakan suatu proses adaptasi perilaku
yang bersifat progresif.
2.
Menurut Mc. Beach ( Lih Bugelski
1956 )
Memberikan
definisi mengenai belajar. “Learning is a change performance as a result of
practice”. Ini berarti bahwa belajar membawa perubahan dalam performance,
dan perubahan itu sebagai akibat dari latihan ( practice ).
3.
Menurut Morgan, dkk ( 1984 )
memberikan
definisi mengenai belajar “Learning can be defined as any relatively
permanent change in behavior which accurs as a result of practice or
experience.” Yaitu bahwa perubahan perilaku itu sebagai akibat belajar
karena latihan (practice) atau karena pengalaman ( experience ).
4.
Menurut Hilgarde dan Bower, dalam
buku Theories of Learning, ( 1975 )
Mengemukakan
belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu
situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam
situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau
dasar kecenderungan respons pembawaan, pematangan atau keadaan-keadaan sesaat
seseorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya.
5.
Menurut Thursan Hakim, Belajar
Secara Efektif ( 2005 )
belajar
adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan
tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah
laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman,
keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.
1. Menurut Margaret
Gredler, 1994.
Belajar
adalah proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap.
Sehingga peserta didik dapat mengetahui hal-hal yang baru dan dapat
meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya, mengubah dari tidak tahu menjadi
tahu, dari yang salah menjadi benar, dan dari kurang baik menjadi baik.
2. Menurut Riberu, 1982.
Belajar
merupakan proses dan dalam proses ini orang berkenalan dengan salah satu pola
lajkuatau memperbaiki salah satu pola laku yang telah dikuasainya. Belajar bisa
berarti berkenalan dengan atau memperbaiki pemikiran, berkenalan dengan atau
memperbaiki turturan bicara, berkenalan dengan atau memperbaiki
tindakan/kegiatan.
3. Menurut Skinner, 1985.
Belajar
merupakan hubungan antara stimulus dan respons yang tercipta melalui proses
tingkah laku yang bersifat progresif.
4. Menurut Thursan Hakim.
Belajar
adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan
tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah
laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman,
keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.
5. Menurut Hilgarde dan
Bower.
Mengemukakan
belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu
situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam
situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau
dasar kecenderungan respons pembawaan, pematangan atau keadaan-keadaan sesaat
seseorang misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya.
Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis
yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan
perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Menurut
Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang
dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya
berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Sifat
perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak
bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat
kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.
Sedangkan
pengertian
belajar menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of
Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam
perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada
dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa
itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda
dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang
bersifat naluriah.
Moh.
Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan
individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan,
sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan
lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa
pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Dari
beberapa pengertian
belajar di atas maka dapat disimpulkan bahwa semua
aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menimbulkan
perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar.
NAMA : WELLA ALFA REZA
NO : 36 / 8G
0 komentar:
Posting Komentar